Tak Masuk Kas Negara, Uang Freeport ke Polri Menyalahi Aturan

Jakarta – PT Freeport menyerahkan langsung dana operasional ke Polri tanpa terlebih dahulu masuk ke rekening negara. Hal ini dianggap menyalahi aturan.

“Semua penerimaan negara itu harusnya masuk ke rekening negara dulu. Kalau langsung masuk ke rekening Polri itu patut dipertanyakan, untuk tujuan apa ini? Ini menyalahi aturan,” ujar Wakil Ketua Komisi XI Achsanul Qosasi kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (31/10/2011).

Pemberian uang sebesar US$ 14 juta itu menurut Wakil Ketua Komisi yang membidangi anggaran ini harus jelas tujuannya. Pemberian ini apakah sebagai bentuk kerja sama antara PT Freeport dengan Polri atau bisnis.

“Kalau kerjasama apakah ini diperbolehkan? Kalau untuk bisnis jelas itu dilarang. Karena Polri dilarang berbinis,” terang politisi Demokrat ini.

Menurutnya, Polri bertugas untuk mengamankan sehingga seharusnya tidak perlu menerima bayaran lagi. Kalau toh menerima, mestinya diserahkan terlebih dahulu ke rekening negara.

“Baru kemudian dari negara disalurkan ke Polri. Setiap Bank ada rekening untuk negara. Makanya pemberian uang ini untuk apa? Itu harus dijelaskan oleh Polri,” terangnya.

Achsanul pun mengusulkan agar PT Freeport juga diaudit terkait pemberian uang tersebut. Selain itu, sebagai bentuk Perseroan Terbatas (PT) yang ada di Indonesia, Freeport diwajibkan untuk melakukan CSR.

“Freeport harunya diaudit atas pemberian ini. Maksudnya apa? Selain itu apakah Freeport sudah melakukan CSR? Karena dalam UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang PT dalam Pasal 74 dijelaskan setiap PT harus melakukan CSR. Apakah Freeport sudah melakukan itu?” imbuhnya.

Sumber : detik.com (Senin, 31/10/2011)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s